Selasa, 31 Juli 2012

Memunculkan Batik Sumedang

Sumedang bukanlah sebuah daerah yang memiliki tradisi membatik. Mencanting adalah sebuah kegiatan langka di Sumedang. Dan hingga sekarang pada saat daerah-daerah lain sudah memiliki sentra pembuatan batik sekaligus sentra penjualan batik, di Sumedang sentra-sentra batik seperti itu  tidak ada.
Namun walaupun Sumedang bukan sebuah daerah dengan tradisi membatik bukan berarti masyarakat Sumedang tidak menyukai batik. Batik tetap dipakai pada acara-acara tertentu. Dan seiring dengan semakin banyak ragamnya motif batik, pemakaian batik sekarang bukan hanya pada acara-acara resmi saja namun juga pada hari-hari biasa pun banya orang yang senang mengenakan batik.
Sejak dahulu banyak orang Sumedang yang gemar mengenakan batik namun batik yang mereka pakai pada umumnya adalah batik yang dibeli dari daerah-daerah penghasil batik yang  sudah terkenal dengan batiknya sejak dahulu seperti Jogya, Pekalongan, Solo, Cirebon dan daerah-daerah penghasil batik lainnya. Apabila ada yang ingin mengenakan batik  dengan motif khas Sumedang, bukan hal yang mudah seperti  membeli batik-batik motif lainnya yang sudah banyak tersedia di toko-toko. Bahkan untuk menyebut Batik Sumedang itu sendiri masih banyak yang bertanya, apakah Sumedang memang memiliki batik motif khas Sumedang? Apakah di Sumedang ada yang berjualan Batik Sumedang? Batik Sumedang memang belum begitu dikenali seperti halnya batik-batik daerah lain. Mungkin hal itu berkaitan dengan apa yang saya sampaikan diatas bahwa Sumedang bukanlah daerah dengan tradisi membatik sehingga keberadaan batik motif khas Sumedang masih merupakan hal yang jarang dan sulit didapatkan. 
Batik Saca Batik Sumedang adalah wajah baru yang memproduksi batik dengan motif khas Sumedang. Beragam macam motif yang diambil berkaitan dengan yang ada di Sumedang sudah dibuat dan diproduksi. Batik Saca Batik Sumedang hadir dan berproduksi untuk pertama  kalinya pada tanggal 10 Oktober 2011.  Upaya yang telah dirintis semoga membuahkan hasil. Saat ini  Sumedang seperti halnya daerah-daerah lain yang juga sama-sama mengembangkan batik khas daerah masing-masing, juga telah  memiliki batik khas kabupaten Sumedang. Semoga Gusti Allah senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran pada usaha yang tengah dijalankan ini... Amien YRA...




































2 komentar: